MPR Perusahaan Makanaan dan Minuman
(Analisa: MPR PT. Danone Indonesia)
Pemasaran atau marketing adalah fungsi bisnis yang
mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum
terpenuhi, menentukan dan mengukur besarnya dan potensi keuntungannya,
menentukan mana sajakah pasar target yang paling dapat dilayani oleh
organisasi, memutuskan berbagai produk, jasa, dan program apa saja yang paling tepat
untuk melayani semua pasar yang sudah dipilih sebelumnya, dan mengajak setiap
orang dalam organisasi untuk selalu berpikir dan melayani para pelanggan.[1]
Dari pengertian diatas dapat kita pahami bahwa marketing merupakan
suatu fungsi bisnis, yang tentunya ada yang menjalankannya. Menurut pemakalah
disinilah peran seorang Marketing Public
Relation. Hal ini dikarenakan, seorang MPR harus mampu melakukan hal-hal
yang disebutkan dalam defenisi diatas, seperti; mengidentifikasi kebutuhan dan
keinginan pelanggan, menentukan dan mengukur besarnya potensi keuntungan,
menentukan pasar target, dan sebagainya
itu yang pada intinya untuk memberikan pelayanan dan memberikan kepuasan kepada
pelanggannya, sehingga mereka loyal terhadap produk yang ditawarkan.
Dulunya MPR lebih dikenal dengan publisitas, yang tugasnya mengusahakan editorial
space – lawan dari paid space – di berbagai media untuk
mempromosikan atau “mengkatrol” sebuah produk, layanan, gagasan, tempat, tokoh
atau organisasi. Namun MPR berfungsi lebih jauh dari sekedar publisitas dan
punya peran penting dalam :
1.
Mendukung peluncuran produk.
2.
Membantu repositioning
produk
3.
Mempopulerkan kategori
produk
4.
Mempengaruhi kelompok
sasaran
5.
Membela produk yang lagi
dalam masalah
6.
Membangun citra perusahaan
agar ikut mengkerek citra produk: Menjadi pembicara di berbagai seminar,
talkshow di teve, serta pendirian Museum Rekor Indonesia adalah sejumlah upaya
yang ikut menciptakan citra yang menguntungkan bagi produk.
MPR lebih berfungsi untuk mendukung program pemasaran, sehingga
kegiatan-kegiatan MPR harus menjadi bagian atau dipadukan dengan program
pemasaran. Misalnya, kegiatan MPR perusahaan Danone Indonesia yang akan kami
paparkan antara lain bertujuan
menekan persepsi masyarakat bahwa produk hasilnya adalah berkualitas
tinggi. Salah satu contohnya Brand “AQUA”, penyedia air minum dalam kemasan
terkemuka di Indonesia, Danone Aqua menyatakan kesiapannya untuk menghadapi
berbagai tantangan. Danone berkomitmen menjaga kualitas produk, melakukan
inovasi teknologi dan sistem distribusi, serta menjaga layanan konsumen yang
semakin baik.
”Aqua hadir di Indonesia lebih dari 35 tahun dan
sejak awal membawa misi menyediakan air minum dalam kemasan yang sehat dan aman
bagi seluruh lapisan masyarakat. MPR perusahaan memprioritaskan produk dan
kepuasaan pelanggan. Sehingga perusahaan beserta jajarannya bisa mencapai
kinerja yang lebih baik lagi di 2010,” kata Pimpinan Danone Aqua Parmaningsih
Hadinegoro, saat konferensi pers acara ”Temu Media AQUA 2010” di Hotel Crowne
Plaza, Jakarta, Rabu (13/1/2010).
Tahun 2009 menjadi tonggak sejarah perusahaan Danone
Indonesia, karena berhasil mengelar sederet acara penting, seperti kampanye
berkelanjutan mengenai “Kebaikan Alam” (Goodness of Nature) dan program
”Satu untuk Sepuluh” (SuS) di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Danone Aqua
semakin signifikan dalam pemberdayaan masyarakat melalui program-program CSR,
penyelenggaraan Danone Nations Cup (DNC) di 12 kota di Indonesia, serta
penerbitan penelitian ilmiah terkait air minum, The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST).
Sustainable Development Director Danone Aqua, Yann
Brault menambahkan, tahun lalu Aqua juga berhasil meraih dua penghargaan
prestisius di bidang pelestarian lingkungan. Penghargaan pertama diperoleh
melalui program penanaman kembali hutan Gunung Klabat, Minahasa Utara, di mana
Danone Aqua Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Departemen
Kehutanan Republik Indonesia. Yang kedua, Danone Aqua berhasil meraih
penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa
dan Metro TV dalam kategori pelestarian lingkungan atas program Water
Access, Sanitation, dan Hygiene (WASH). Kedua penghargaan tersebut
membuktikan bahwa Danone Aqua berada pada jalur yang tepat di bidang pelestarian
lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
Selain capaian itu, tahun 2009 juga merupakan gebyar
tahun ketujuh festival sepakbola anak terbesar di dunia, Danone Nations Cup
(DNC). Ajang itu diikuti lebih dari 25.000 putra dan putri dari 2.500 sekolah
dasar dan klub-klub sepakbola di 12 kota di Indonesia, seperti Banda Aceh,
Bandung, Jakarta, Jayapura, Makassar, Medan, Surabaya, Semarang, Padang,
Pekanbaru, Tangerang, dan Yogyakarta.
Brand
director Danone Aqua tani sulaiman mengatakan “Tim Sekolah Sepakbola (SSB)
Pengcab Semarang, Jawa Tengah, berhasil mewakili Indonesia pada putaran final
Piala Dunia Danone Nations Cup 2009 di Afrika Selatan tahun 2010. Mereka akan
membawa keempat aspek DNC, yaitu keterbukaan, keikutsertaan, sportivitas, dan
kegembiraan dari Indonesia kepada 39 negara peserta lainnya”.
Tani mengatakan, Danone Aqua akan menggelar kampanye
masif jangka panjang ”Aqua untuk Keluarga Indonesia” (AKSI) di Plaza Utara
Senayan, Jakarta pada 30-31 Januari 2010. Acara itu mengusung tema “Wahana
Kebaikan Alam” yang memberikan kesempatan kepada anak-anak dan keluarga untuk
berinteraksi dengan alam, serta memeroleh berbagai pengetahuan dan manfaat
kebaikan alam secara baik, mudah, dan menyenangkan. Sekira 100 ribu orang memeriahkan
acara tersebut.
Analisa kami mengenai MPR Perusahaan Danone diantaranya:
Mengenai brand Aqua
sendiri tidak bisa kita pungkiri bahwa Aqua merupakan produk air kemasan yang
telah melekat dibenak masyarakat, apalagi dengan program-program CSR yang telah
dilakukan oleh perusahaan. Berbagai event telah dilakukan yang tujuannya mmepromosikan
produk yang dapat menarik perhatian dan melekat dalam benak masyarakat. Dengan
penggunaaan tagline yang melekat pada brand Aqua.
1.
Program Aqua “kebaikan Alam”.
Jika kita mendengarkan tagline “kebaikan Alam”
tentunya dalam pikiran kita itu adalah “AQUA”. Dengan penjelasan bahwa AQUA adalah air
minum yang berkualitas dari sumber alami yang belum terjamah. Dari penjelasan
mereka, bahwa Setiap tetes AQUA penuh dengan kebaikan alam dan berasal dari
mata air yang segar, sejuk, dan jernih. Air AQUA telah melewati proses
pemurnian secara alami selama perjalanannya mencapai sumber mata air bawah
tanah. Sepanjang perjalanannya, air menyerap mineral dan menjaga keseimbangannya
seperti di sumber mata airnya, yag penting bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut
menjadikan setiap tetes AQUA ciptaan berharga alam semesta dengan segal
kebaikan dan keseimbangan alami mineralnya.
Kita juga dapat menelaah dari ungkapan yang
telah diutarakan diatas sebelumnya, bahwa AQUA berasal dari sumber mata air
terpilih yang mewakili sebagian sumber mata air alami terbaik di Indonesia. Mereka
mengatakan “Menemukan mata air yang sesuai criteria AQUA tidaklah mudah. Dan
saat kami menemukan sumber mata air alami, kami akan memastikan bahwa setiap
mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin criteria yang kemudian menjalani 5
tahap proses seleksi yang ketat sebelum dapat dijadikan sumber mata air untuk
AQUA”.
Selanjutnya AQUA berkomitmen untuk melakukan
studi yang terintegrasi oleh tim ahli yang memerlukan waktu lebih dari satu
tahun untuk mempelajari karakteristik sumber mata air terpilih baik dari sisi
geologi, hidrologi, hidrogeologi, geokimia, dan mikrobiologi, maupun perilaku
aliran air dan analisa keseimbangan air.
Untuk menjaga kebaikan alam dalam setiap
tetesnya, kami menggunakan sebuah proses terpadu yang menghasilkan air murni
dan menyehatkan untukAnda langsung dari sumber mata air pegunungan. Proses yang
canggih, namun sederhana, dapat memastikan tidak ada satupun mineral penting
yang terbuang percuma dan semua kebaikan alam tetap terjaga. Dengan melalui
proses keseluruhan yang tidak terjamah oleh tangan, berarti meminimalkan resiko
kontaminasi mulai dari sumber mata air hingga ke tangan Anda. Komposisi dan
keseimbangan alami mineral AQUA setelah pengemasannya dalam botol dipastikan
tetap sama seperti saat masih di sumbernya sehingga komposisi dan keaslian
sumber tetap terjaga.
Karena AQUA adalah ciptaan alam yang berharga,
dengan kebaikan alam dalam setiap tetesannya, kami ingin memastikan bahwa
pelanggan akan selalu menikmati air AQUA dari generasi ke generasi berikutnya.
Oleh karena itu, kami menjaganya dengan tidak mengambil lebih dari apa yang
diberikan oleh alam, serta bekerjasama dengan pihak setempat untuk melestarikan
lingkungan sekitar sumber mata air.
Sebagai bagian dari grup Danone di seluruh
dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam piagam Danone tentang
manajemen sumber daya air untuk menjamin kemurnian dan kualitas sumber-sumber
mata air alami yang kami miliki, serta menjaga kelestarian sumber-sumber
tersebut.
AQUA juga memberikan kembali apa yang telah
diambilnya dari alam dengan menjaga sumber-sumber daya alam kami di daerah
pegunungan di mana juka hujan turun akan mengisi sumber mata air kami. AQUA
juga bekerja sama dengan pihak setempat yang berkepentingan dengan menjalankan
sejumlah program sosial dan lingkungan hidup untuk memberdayakan masyarakat
sekitarnya. Program tersebut meliputi pertanian yang berkesinambungan, pengelolaan
sampah, pendidikan lingkungan dan kesehatanm akses ke air bersih dan sanitasi,
penghijauan dan manajemen irigasi terpadu.
Semua kami lakukan dengan satu tujuan: untuk
memastikan bahwa kami memilih dan menjaga kebaikan alam dalam setiap tetes AQUA
bagi keluarga sehat Indonesia.
2.
Program Satu untuk Sepuluh
Satu untuk
Sepuluh merupakan program untuk meningkatkan kesadaran kebiasaan hidup sehat
melalui penyediaan akses air bersih dan edukasi mengenai kesehatan bagi daerah
yang membutuhkan. Dengan mekanisme: setiap pembelian 1L AQUA (dengan label
khusus), AQUA berkomitmen untuk memberikan fasilitas penyediaan akses terhadap
10L air bersih.
Tujuan dari program ini adalah karena AQUA
ingin berkontribusi secara proaktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi
terhadap permasalahan yang ada, termasuk kesulitan akses air bersih di
Indonesia, untuk mewujudkan peningkatan kebiasaan hidup sehat keluarga. Selain
itu, program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Milenium yang dicanangkan
oleh PBB untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan di beberapa belahan dunia
yang ditargetkan di tahun 2015.
Pada program Satu untuk Sepuluh 2007 lalu, AQUA
telah berhasil membangun lebih dari 200 titik air baik di kecamatan Boking dan
Amanatun Utara di Nusa Tenggara Timur, yang bisa menjangkau sekitar 12.000
penerima program.
Dalam program yang telah sukses dilaksanakan
ini, ada 3 pilar utama yang berhasil diwujudkan:
- Penyediaan Akses Air Bersih yang lebih mudah
- Penyuluhan Pola Hidup Sehat
- Pemberdayaan Masyarakat di wilayah tersebut
Masih dengan menggunakan ketiga pilar di atas,
AQUA berkomitmen untuk melanjutkan kembali kesuksesan program Satu untuk
Sepuluh 2007, melalui program Satu untuk Sepuluh lanjutan di tahun 2009 ini.
Dan kembali memilih NTT, dengan pertimbangan bahwa program sebelumnya telah
berhasil berkontribusi secara signifikan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Namun kita tidak menutup mata bahwa kesulitan akses air bersih masih ada di
beberapa daerah lain yang perlu perhatian. Selain itu, dengan program yang berkelanjutan,
diharapkan bisa mendatangkan hasil yang lebih berkesinambungan.
Di tahun 2009 ini AQUA membantu lebih banyak
daerah lain di NTT. Jika tahun lalu AQUA membantu kecamatan Boking dan Amanatun
Utara, program lanjutan tahun ini akan menyasar kecamatan Boking, Amanatun
Utara, Toianas dan Noebana. Akan ada lebih banyak masyarakat yang menjadi
penerima program, menjadi 18.900 orang dibandingkan tahun sebelumnya yang
12.000 orang.
Tahun
ini, Danone Aqua akan menggelar kampanye masif jangka panjang ”Aqua untuk
Keluarga Indonesia” (AKSI).
Pada
tanggal 5 Februari 2009, Danone Group menerima penghargaan sebagai perusahaan
terbaik di Eropa yang menerapkan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility
(“European Corporate Responsibility Award”) dari Orga Consultants, bertempat di
Praha, Republik Ceko. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan DANONE Group
menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang
inovatif dan patut dicontoh.
Di
antara 21 perusahaan Eropa yang terplilih, Danone (finalis dari Perancis
bersama Triselec Lille company), dinobatkan sebagai pemenang pada edisi
pertama, karena menjalankan program-program sesuai dengan dua hal tersebut di
atas (corporate
social responsibility (CSR) and sustainable development).
Para
juri yang terdiri dari para tokoh-tokoh penting dari kalangan dunia bisnis dan
dunia politik dari negara-negara peserta menilai bahwa Danone Group
memperlihatkan suatu perbedaan yang sangat signifikan pada semua program
CSR-nya yang dijalankan dan disatukan ke dalam setiap kebijakan perusahaan.
Komitmennya
dalam bidang kesehatan, keinginannya untuk mengurangi polusi karbon oleh lima brand-nya,
definisi yang jelas dan konkrit mengenai sasaran-sasaran CSR kepada semua
managernya, saling berbagi informasi mengenai program-program terbaik (best
practices) di dalam perusahaan, pengembangan perusahaan-perusahaan
dengan pendekatan sosial di negara-negara yang sedang berkembang, dan terakhir
program CSR-nya memiliki metode evaluasi, semuanya itu yang membuat Danone
berbeda dibandingkan para pesaingnya di Eropa dan berhak memenangkan
penghargaan tersebut.
Penghargaan
ini memungkinkan kita mencanangkan suatu tolok ukur Eropa mengenai best practices dalam bidang “Corporate
Responsibility”: “Lebih dari sekadar perayaan untuk aksi-aksi filantrophy
semata, namun melalui penghargaan ini kita dapat melakukan inovasi dalam bidang
CSR, yaitu kemampuan suatu perusahaan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan
sosial dan lingkungan sebagai inti dari strategi perusahaan, serta menjadi
komitmen perusahaan dalam kegiatan sehari-hari,” kata Jean-Philippe GuihaumĂ©,
kepala seksi Human Capital Management di Orga
Consultants.
Troy
Pantouw, Corporate Communication Director Danone Aqua
di Indonesia menjelaskan bahwa Group Danone merupakan pemimpin pasar dalam industri
makanan dan minuman di dunia dengan berada di urutan No. 1 dalam produk susu
dan air dalam kemasan. Portofolio dan merek dari perusahaan ini mencakup
Danone, Evian, Volvic, dan AQUA yang berada dalam
jajaran terdepan dalam pasar produk yang berfokus pada kesehatan. Rangkaian
produk Danone sangat unik karena semua memberi kontribusi penting bagi nutrisi
yang sehat. Perusahaan ini terus berkembang dalam aktivitas usahanya dan
tersebar di berbagai negara di seluruh dunia.
Di Indonesia, Danone
beroperasi dalam tiga kategori: Nutrisi untuk bayi yang dihasilkan Sari Husada
dan Nutricia, produk-produk dairy (Activia dan Milkuat) dihasilkan oelh Danone
Dairy, dan minuman dalam kemasan (AQUA, Mizone, VIT) yang dihasilkan Denone
Aqua. Setiap merek tersebut merupkan
pemimpin pasar di kategori masing-masing di Indonesia. Produk-produk itu sangat
selaras dengan misi Danone, yaitu menyehatkan sebanyak mungkin setiap orang
melalui makanan dan minuman yang sehat dan bergizi sepanjang hidup mereka.
KEPUSTAKAAN
Philip
Kotler, “Marketing Insights From A to Z”, Jakarta: Erlangga, 2003.
Ruslan,
Rosady, “ Manajemen Publik Relation”, Jakarta: PT Raja grafindo persada,
2001.
Artikel dalam
Mega politan Pos.com
Website Aqua
Ini adalah makalah yang dibuat dengan beberapa teman ketika kuliah S1 komunikasi di UIN SUSKA Riau
Tidak ada komentar:
Posting Komentar