Kamis, 17 Mei 2012

MARKETING PUBLIC RELATIONS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN


MPR Perusahaan Makanaan dan Minuman
(Analisa: MPR PT. Danone Indonesia)
Pemasaran atau marketing adalah fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi, menentukan dan mengukur besarnya dan potensi keuntungannya, menentukan mana sajakah pasar target yang paling dapat dilayani oleh organisasi, memutuskan berbagai produk, jasa, dan program apa saja yang paling tepat untuk melayani semua pasar yang sudah dipilih sebelumnya, dan mengajak setiap orang dalam organisasi untuk selalu berpikir dan melayani para pelanggan.[1]

Dari pengertian diatas dapat kita pahami bahwa marketing merupakan suatu fungsi bisnis, yang tentunya ada yang menjalankannya. Menurut pemakalah disinilah peran seorang Marketing Public Relation. Hal ini dikarenakan, seorang MPR harus mampu melakukan hal-hal yang disebutkan dalam defenisi diatas, seperti; mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, menentukan dan mengukur besarnya potensi keuntungan, menentukan pasar target,  dan sebagainya itu yang pada intinya untuk memberikan pelayanan dan memberikan kepuasan kepada pelanggannya, sehingga mereka loyal terhadap produk yang ditawarkan.
Dulunya MPR lebih dikenal dengan publisitas, yang tugasnya mengusahakan editorial space – lawan dari paid space – di berbagai media untuk mempromosikan atau “mengkatrol” sebuah produk, layanan, gagasan, tempat, tokoh atau organisasi. Namun MPR berfungsi lebih jauh dari sekedar publisitas dan punya peran penting dalam :
1.      Mendukung peluncuran produk.
2.      Membantu repositioning produk
3.      Mempopulerkan kategori produk
4.      Mempengaruhi kelompok sasaran
5.      Membela produk yang lagi dalam masalah
6.      Membangun citra perusahaan agar ikut mengkerek citra produk: Menjadi pembicara di berbagai seminar, talkshow di teve, serta pendirian Museum Rekor Indonesia adalah sejumlah upaya yang ikut menciptakan citra yang menguntungkan bagi produk.
MPR lebih berfungsi untuk mendukung program pemasaran, sehingga kegiatan-kegiatan MPR harus menjadi bagian atau dipadukan dengan program pemasaran. Misalnya, kegiatan MPR perusahaan Danone Indonesia yang akan kami paparkan antara lain bertujuan menekan persepsi masyarakat bahwa produk hasilnya adalah berkualitas tinggi. Salah satu contohnya Brand “AQUA”, penyedia air minum dalam kemasan terkemuka di Indonesia, Danone Aqua menyatakan kesiapannya untuk menghadapi berbagai tantangan. Danone berkomitmen menjaga kualitas produk, melakukan inovasi teknologi dan sistem distribusi, serta menjaga layanan konsumen yang semakin baik.
”Aqua hadir di Indonesia lebih dari 35 tahun dan sejak awal membawa misi menyediakan air minum dalam kemasan yang sehat dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat. MPR perusahaan memprioritaskan produk dan kepuasaan pelanggan. Sehingga perusahaan beserta jajarannya bisa mencapai kinerja yang lebih baik lagi di 2010,” kata Pimpinan Danone Aqua Parmaningsih Hadinegoro, saat konferensi pers acara ”Temu Media AQUA 2010” di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (13/1/2010).
Tahun 2009 menjadi tonggak sejarah perusahaan Danone Indonesia, karena berhasil mengelar sederet acara penting, seperti kampanye berkelanjutan mengenai “Kebaikan Alam” (Goodness of Nature) dan program ”Satu untuk Sepuluh” (SuS) di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Danone Aqua semakin signifikan dalam pemberdayaan masyarakat melalui program-program CSR, penyelenggaraan Danone Nations Cup (DNC) di 12 kota di Indonesia, serta penerbitan penelitian ilmiah terkait air minum, The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST).
Sustainable Development Director Danone Aqua, Yann Brault menambahkan, tahun lalu Aqua juga berhasil meraih dua penghargaan prestisius di bidang pelestarian lingkungan. Penghargaan pertama diperoleh melalui program penanaman kembali hutan Gunung Klabat, Minahasa Utara, di mana Danone Aqua Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Yang kedua, Danone Aqua berhasil meraih penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Metro TV dalam kategori pelestarian lingkungan atas program Water Access, Sanitation, dan Hygiene  (WASH). Kedua penghargaan tersebut membuktikan bahwa Danone Aqua berada pada jalur yang tepat di bidang pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
Selain capaian itu, tahun 2009 juga merupakan gebyar tahun ketujuh festival sepakbola anak terbesar di dunia, Danone Nations Cup (DNC). Ajang itu diikuti lebih dari 25.000 putra dan putri dari 2.500 sekolah dasar dan klub-klub sepakbola di 12 kota di Indonesia, seperti Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Jayapura, Makassar, Medan, Surabaya, Semarang, Padang, Pekanbaru, Tangerang, dan Yogyakarta.
 Brand director Danone Aqua tani sulaiman mengatakan “Tim Sekolah Sepakbola (SSB) Pengcab Semarang, Jawa Tengah, berhasil mewakili Indonesia pada putaran final Piala Dunia Danone Nations Cup 2009 di Afrika Selatan tahun 2010. Mereka akan membawa keempat aspek DNC, yaitu keterbukaan, keikutsertaan, sportivitas, dan kegembiraan dari Indonesia kepada 39 negara peserta lainnya”.
Tani mengatakan, Danone Aqua akan menggelar kampanye masif jangka panjang ”Aqua untuk Keluarga Indonesia” (AKSI) di Plaza Utara Senayan, Jakarta pada 30-31 Januari 2010. Acara itu mengusung tema “Wahana Kebaikan Alam” yang memberikan kesempatan kepada anak-anak dan keluarga untuk berinteraksi dengan alam, serta memeroleh berbagai pengetahuan dan manfaat kebaikan alam secara baik, mudah, dan menyenangkan. Sekira 100 ribu orang memeriahkan acara tersebut.
Analisa kami mengenai MPR Perusahaan Danone diantaranya:
            Mengenai brand Aqua sendiri tidak bisa kita pungkiri bahwa Aqua merupakan produk air kemasan yang telah melekat dibenak masyarakat, apalagi dengan program-program CSR yang telah dilakukan oleh perusahaan. Berbagai event telah dilakukan yang tujuannya mmepromosikan produk yang dapat menarik perhatian dan melekat dalam benak masyarakat. Dengan penggunaaan tagline yang melekat pada brand Aqua.
1.      Program Aqua “kebaikan Alam”.
Jika kita mendengarkan tagline “kebaikan Alam” tentunya dalam pikiran kita itu adalah “AQUA”. Dengan penjelasan bahwa AQUA adalah air minum yang berkualitas dari sumber alami yang belum terjamah. Dari penjelasan mereka, bahwa Setiap tetes AQUA penuh dengan kebaikan alam dan berasal dari mata air yang segar, sejuk, dan jernih. Air AQUA telah melewati proses pemurnian secara alami selama perjalanannya mencapai sumber mata air bawah tanah. Sepanjang perjalanannya, air menyerap mineral dan menjaga keseimbangannya seperti di sumber mata airnya, yag penting bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut menjadikan setiap tetes AQUA ciptaan berharga alam semesta dengan segal kebaikan dan keseimbangan alami mineralnya.
Kita juga dapat menelaah dari ungkapan yang telah diutarakan diatas sebelumnya, bahwa AQUA berasal dari sumber mata air terpilih yang mewakili sebagian sumber mata air alami terbaik di Indonesia. Mereka mengatakan “Menemukan mata air yang sesuai criteria AQUA tidaklah mudah. Dan saat kami menemukan sumber mata air alami, kami akan memastikan bahwa setiap mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin criteria yang kemudian menjalani 5 tahap proses seleksi yang ketat sebelum dapat dijadikan sumber mata air untuk AQUA”.
Selanjutnya AQUA berkomitmen untuk melakukan studi yang terintegrasi oleh tim ahli yang memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk mempelajari karakteristik sumber mata air terpilih baik dari sisi geologi, hidrologi, hidrogeologi, geokimia, dan mikrobiologi, maupun perilaku aliran air dan analisa keseimbangan air.
Untuk menjaga kebaikan alam dalam setiap tetesnya, kami menggunakan sebuah proses terpadu yang menghasilkan air murni dan menyehatkan untukAnda langsung dari sumber mata air pegunungan. Proses yang canggih, namun sederhana, dapat memastikan tidak ada satupun mineral penting yang terbuang percuma dan semua kebaikan alam tetap terjaga. Dengan melalui proses keseluruhan yang tidak terjamah oleh tangan, berarti meminimalkan resiko kontaminasi mulai dari sumber mata air hingga ke tangan Anda. Komposisi dan keseimbangan alami mineral AQUA setelah pengemasannya dalam botol dipastikan tetap sama seperti saat masih di sumbernya sehingga komposisi dan keaslian sumber tetap terjaga.
Karena AQUA adalah ciptaan alam yang berharga, dengan kebaikan alam dalam setiap tetesannya, kami ingin memastikan bahwa pelanggan akan selalu menikmati air AQUA dari generasi ke generasi berikutnya. Oleh karena itu, kami menjaganya dengan tidak mengambil lebih dari apa yang diberikan oleh alam, serta bekerjasama dengan pihak setempat untuk melestarikan lingkungan sekitar sumber mata air.
Sebagai bagian dari grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam piagam Danone tentang manajemen sumber daya air untuk menjamin kemurnian dan kualitas sumber-sumber mata air alami yang kami miliki, serta menjaga kelestarian sumber-sumber tersebut.
AQUA juga memberikan kembali apa yang telah diambilnya dari alam dengan menjaga sumber-sumber daya alam kami di daerah pegunungan di mana juka hujan turun akan mengisi sumber mata air kami. AQUA juga bekerja sama dengan pihak setempat yang berkepentingan dengan menjalankan sejumlah program sosial dan lingkungan hidup untuk memberdayakan masyarakat sekitarnya. Program tersebut meliputi pertanian yang berkesinambungan, pengelolaan sampah, pendidikan lingkungan dan kesehatanm akses ke air bersih dan sanitasi, penghijauan dan manajemen irigasi terpadu.
Semua kami lakukan dengan satu tujuan: untuk memastikan bahwa kami memilih dan menjaga kebaikan alam dalam setiap tetes AQUA bagi keluarga sehat Indonesia.
2.      Program Satu untuk Sepuluh
Satu untuk Sepuluh merupakan program untuk meningkatkan kesadaran kebiasaan hidup sehat melalui penyediaan akses air bersih dan edukasi mengenai kesehatan bagi daerah yang membutuhkan. Dengan mekanisme: setiap pembelian 1L AQUA (dengan label khusus), AQUA berkomitmen untuk memberikan fasilitas penyediaan akses terhadap 10L air bersih.
Tujuan dari program ini adalah karena AQUA ingin berkontribusi secara proaktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, termasuk kesulitan akses air bersih di Indonesia, untuk mewujudkan peningkatan kebiasaan hidup sehat keluarga. Selain itu, program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Milenium yang dicanangkan oleh PBB untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan di beberapa belahan dunia yang ditargetkan di tahun 2015.
Pada program Satu untuk Sepuluh 2007 lalu, AQUA telah berhasil membangun lebih dari 200 titik air baik di kecamatan Boking dan Amanatun Utara di Nusa Tenggara Timur, yang bisa menjangkau sekitar 12.000 penerima program.
Dalam program yang telah sukses dilaksanakan ini, ada 3 pilar utama yang berhasil diwujudkan:
  • Penyediaan Akses Air Bersih yang lebih mudah
  • Penyuluhan Pola Hidup Sehat
  • Pemberdayaan Masyarakat di wilayah tersebut
Masih dengan menggunakan ketiga pilar di atas, AQUA berkomitmen untuk melanjutkan kembali kesuksesan program Satu untuk Sepuluh 2007, melalui program Satu untuk Sepuluh lanjutan di tahun 2009 ini. Dan kembali memilih NTT, dengan pertimbangan bahwa program sebelumnya telah berhasil berkontribusi secara signifikan meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun kita tidak menutup mata bahwa kesulitan akses air bersih masih ada di beberapa daerah lain yang perlu perhatian. Selain itu, dengan program yang berkelanjutan, diharapkan bisa mendatangkan hasil yang lebih berkesinambungan.
Di tahun 2009 ini AQUA membantu lebih banyak daerah lain di NTT. Jika tahun lalu AQUA membantu kecamatan Boking dan Amanatun Utara, program lanjutan tahun ini akan menyasar kecamatan Boking, Amanatun Utara, Toianas dan Noebana. Akan ada lebih banyak masyarakat yang menjadi penerima program, menjadi 18.900 orang dibandingkan tahun sebelumnya yang 12.000 orang.
Tahun ini, Danone Aqua akan menggelar kampanye masif jangka panjang ”Aqua untuk Keluarga Indonesia” (AKSI).
Pada tanggal 5 Februari 2009, Danone Group menerima penghargaan sebagai perusahaan terbaik di Eropa yang menerapkan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (“European Corporate Responsibility Award”) dari Orga Consultants, bertempat di Praha, Republik Ceko. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan DANONE Group menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang inovatif dan patut dicontoh.
Di antara 21 perusahaan Eropa yang terplilih, Danone (finalis dari Perancis bersama Triselec Lille company), dinobatkan sebagai pemenang pada edisi pertama, karena menjalankan program-program sesuai dengan dua hal tersebut di atas (corporate social responsibility (CSR) and sustainable development).
Para juri yang terdiri dari para tokoh-tokoh penting dari kalangan dunia bisnis dan dunia politik dari negara-negara peserta menilai bahwa Danone Group memperlihatkan suatu perbedaan yang sangat signifikan pada semua program CSR-nya yang dijalankan dan disatukan ke dalam setiap kebijakan perusahaan.
Komitmennya dalam bidang kesehatan, keinginannya untuk mengurangi polusi karbon oleh lima brand-nya, definisi yang jelas dan konkrit mengenai sasaran-sasaran CSR kepada semua managernya, saling berbagi informasi mengenai program-program terbaik (best practices) di dalam perusahaan, pengembangan perusahaan-perusahaan dengan pendekatan sosial di negara-negara yang sedang berkembang, dan terakhir program CSR-nya memiliki metode evaluasi, semuanya itu yang membuat Danone berbeda dibandingkan para pesaingnya di Eropa dan berhak memenangkan penghargaan tersebut.
Penghargaan ini memungkinkan kita mencanangkan suatu tolok ukur Eropa mengenai best practices dalam bidang “Corporate Responsibility”: “Lebih dari sekadar perayaan untuk aksi-aksi filantrophy semata, namun melalui penghargaan ini kita dapat melakukan inovasi dalam bidang CSR, yaitu kemampuan suatu perusahaan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan sebagai inti dari strategi perusahaan, serta menjadi komitmen perusahaan dalam kegiatan sehari-hari,” kata Jean-Philippe GuihaumĂ©, kepala seksi Human Capital Management di Orga Consultants.
Troy Pantouw, Corporate Communication Director Danone Aqua di Indonesia menjelaskan bahwa Group Danone merupakan pemimpin pasar dalam industri makanan dan minuman di dunia dengan berada di urutan No. 1 dalam produk susu dan air dalam kemasan. Portofolio dan merek dari perusahaan ini mencakup Danone, Evian, Volvic, dan AQUA yang berada dalam jajaran terdepan dalam pasar produk yang berfokus pada kesehatan. Rangkaian produk Danone sangat unik karena semua memberi kontribusi penting bagi nutrisi yang sehat. Perusahaan ini terus berkembang dalam aktivitas usahanya dan tersebar di berbagai negara di seluruh dunia.
Di Indonesia, Danone beroperasi dalam tiga kategori: Nutrisi untuk bayi yang dihasilkan Sari Husada dan Nutricia, produk-produk dairy (Activia dan Milkuat) dihasilkan oelh Danone Dairy, dan minuman dalam kemasan (AQUA, Mizone, VIT) yang dihasilkan Denone Aqua. Setiap merek tersebut merupkan pemimpin pasar di kategori masing-masing di Indonesia. Produk-produk itu sangat selaras dengan misi Danone, yaitu menyehatkan sebanyak mungkin setiap orang melalui makanan dan minuman yang sehat dan bergizi sepanjang hidup mereka.

KEPUSTAKAAN
Philip Kotler, “Marketing Insights From A to Z”, Jakarta: Erlangga, 2003.
Ruslan, Rosady, “ Manajemen Publik Relation”, Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2001.
Artikel dalam Mega politan Pos.com
Website Aqua

Ini adalah makalah yang dibuat dengan beberapa teman ketika kuliah S1 komunikasi di UIN SUSKA Riau



[1] Philip Kotler, “Marketing Insights From A to Z”, Jakarta: Erlangga, 2003, hlm: xii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar