Sabtu, 13 November 2010

PENTING UNTUK DIRI


Ini harus dipikiran buat kita semua kalau waktu gak bisa dianggap enteng. Saatnya bagi kita untuk gak mau kalah dengan yang laen. Kita mesti dapat bersaing dengan mereka-mereka yang sudah duluan maju. Dan jangan nyampe deh kalau kita terlena dengan waktu yang membuat kita lupa akan masa depan ataupun menunda. Salah satu caranya dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kita bisa mengisi dengan hal-hal yang berkualitas, seperti membaca informasi2 terkini kemudian mempelajari apa yang memang kita hobi.
Seandainya hobi mendesain, coba manfaatin waktu untuk memperdalam keterampilan desain grafisnya. Atau bagi yang hobi dengan programming, bisa memperdalam ilmu programmingnya, kalau bisa sekalian yang gak diajarin kampus. Atau yang hobi berwirausaha, dicoba untuk lebih memperdalam ilmu wirausaha. Jadi sesuai dengan keinginan masing-masing. Selain itu juga, kita juga bisa gabung dengan organisasi-organisasi kampus. Ini sangat penting, karena ini mengajarkan kita cara kerja team, berbicara didepan orang banyak, mengajukan ide, memecahkan masalah, dan yang pasti menambah sahabat-sahabat. Dengan kita bergabung dengan organisasi, ini membuat kita terbiasa bekerja secara struktural dan bersama-sama yang mana ini akan kita temuin ketika kita harus bekerja dengan orang lain dan yang pasti disini kita diajarkan untuk profesional. Nah selain itu juga, kita bisa memanfaatin waktu kita dengan mengambil kerja part time. Kenapa?? karena ini juga melatih kita untuk mandiri dan tentunya menambah pengalaman yang mana gak didapat dikampus. Kita bisa kerja part time dengan orang lain ataupun kita sendiri yang buat. Contohnya, kita bisa menjadi guru private, terima jasa desain grafis, kemudian coba-coba membuka usaha sendiri, ataupun implementasi ilmu yang didapat dikampus ke lapangan kerja. Selain kita dapat uang, ini membuat kita terbiasa untuk mengelola bakat dan waktu secara optimal dan sekaligus menambah relasi-relasi yang nanti bisa diajak berkerja sama. Dan cara lainnya, kita bisa memanfaatkan waktu kita untuk les tambahan seperti memperdalam bahasa asing, les programming, ataupun les tambahan lainnya.

Nah sekarang bagaimana dengan waktu untuk bersenang-senang?? adakah? atau malah dilenyapkan?. Gak dong tentunya, waktu untuk bersenang-senang juga kudu’ ada. Lo kok gitu?? katanya tadi gak boleh? ya gak gitu lagi. Waktu besenang-senang sangat perlu untuk merefresh otak kita dari rutinitas yang menguras pikiran. Kita juga perlu waktu untuk gabung ama temen-temen sekedar hang out bareng ataupun kita juga bisa liburang kemana yang diinginkan, asal jangan aja kelewatan keenakannya, bahaya tu. Bayangin coba, kalau otak kita dipaksa untuk berpikir keras melulu. UUuuuh bisa gila tuh. Mangkanya perlu namanya pengendoran urat saraf. Urat2 yang jendol di jidat, kudu’ dikempesin biar gak hedeng. jadi mesti seimbang, waktu berpikir keras dan waktu bersenang-senang, kagak boleh berat sebelah. Bisa error nantinya..hehe

Jadi, kalau kita mau menjadi orang yang sukses dimasa depan, kita harus bisa memanfaatkan waktu setiap detiknya,setidaknya sampe kita bisa dikatakan layak untuk bersaing dengan orang-orang lain di dunia kerja nanti. Inget loh waktu kulia kita tu cuma sebentar, bentar lagi bakal terjuan ke lapangan kerja, gak mau kan jadi pecundang. So Yuk manfaatin waktu kita seoptimal mungkin demi masa depan kita, anak-anak kita, cucu-cucu kita kelak. Semangat…!!!!!!!!! (Mirfagah Iqbal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar