Bisnis EO (Event Organizer)
Bisnis
EO memang merupakan bisnis yang rumit, dan memerlukan kreatifitas dan
imajinatif yang tinggi karena slalu berhubungan dengan orang-orang yang
berbeda, dan salalu berhubungan dengan pengelolaan event-event yang berbeda,
bisnis ini memang terkesan rumit karena dituntut untuk mensukseskan acara mulai
dari persiapan hingga penggarapan, Maka seorang Profesional EO dituntut untuk
memiliki karakter-karakter dan harus mempunyai jiwa dan ruh yang melandasi
pekerjaannya tersebut. Meskipun rumit tetapi ternyata puluhan dan bahkan ratusan
perusahaan-perusahaan EO dan profesi EO sudah berdiri, apalagi dikota-kota
besar, sering kali mengunakan jasa-jasa EO
untuk pengelolaan acaranya.
Bisnis
EO Bisa bisa dijadikan sebuah bisnis yang tidak rumit bahkan menjadi sederhana apabila
bisnis tersebut mensyaratkan atau memiliki team kerja yang solid dengan
pembagian tugas yang jelas dan sangat detail. Jadi karena ini pulalah banyak
orang yang mencoba untuk terjun dan bahkan EO yang sudah ada lebih memajukan
Perusahaannya, karena prospeknya kedepan sangat menguntungkan, ketika team yang
dimiliki solid. EO ini lahir dari keinginan para pihak-pihak yang memiliki dana
karena mereka tidak mau repot-repot untuk mengatur acara itu. Di era Modern ini
banyak sekali perusahaan-perusahan, instansi-instansi ataupun individu-individu
yang ingin melaksanakan suatu event makanya untuk mengatur dan menggarap itu
dibutuhkan jasa EO.
Era
saat ini adalah era yang sangat berkembang makanya bisnis EO pun kedepannya
akan berkembang dan memiliki kemilau yang cukup besar, dengan maraknya berbagai
aktifitas promosi perusahaan, publikasi, perayaan-perayaan, dan penghargaan
yang dilakukan oleh perusahan-perusahaan, instansi-instansi, kelompok maupun
individu-individu. Dalam kemajuan perusahaan (contoh), perusahaan tidak mungkin
masih menggunakan cara-cara promosi konvensional, karena hal ini dirasa tidak
mumpuni lagi dalam memasarkan produk, maka peran EO sangat dibutuhkan untuk ini.
Kedepannya
banyak sekali event-event yang akan menggunakan ajasa EO, event-event tersebut
meliputi:
a. Event
Perusahaan: HUT Perusahaan dalam berbagai format acara,
Employ/ family gathering, peresmian kantor baru, penghargaan kepada karyawan.
b. Event
Promosi: Pentas muysik oleh sponsor, Ekhsibisi/ pameran
produk, Variety show oleh sponsor, presentasi produk, sampling dan selling,
dealer dan/ costumer gathering
c.
Event
pribadi: Pesta pernikahan, perayaan ulang tahun, syukuran.
d.
Event
pendidikan: seminar, symposium, talk show, workhshop.
e. Event
olahraga: kompetisi olahraga professional, pertandingan
olahraga semi pro, aneka lomba dan kompetisi.
f.
Event
seni:
pagelaran seni musik, pagelaran seni tari, pagelaran seni teater, fashion show.
g.
Event
amal:
berbagai pagelaran penggalangan dana, lelang untuk penggalangan dana
h.
Event
publikasi : Konferensi pers, media gathering.
Bisnis
EO merupakan bisnis yang glamor dan mewah karena selalu berhubungan dengan
orang-orang atau pesohor yang glamor dalam acara sebagai rekan kerja mereka,
dan dikatakan mewah karena penyelenggaraan acara sering kali ditempat-tempat
mewah seperti ball room hotel
berbintang, concert hall yang megah,
dan lain-lain
Bisnis
EO sangat popular dewasa ini bahkan selebritis pun yang memiliki penghasilan
yang lebih dari cukup sangat tertarik untuk bisnis seperti ini, kita sebut saja
salah satunya eko patrio, yang mempunyai PH (Production House) yang bernama
Komando Productions yang bergerak pada pembuatan program tayangan televisi
tetapi seiring waktu eko patrio melebarkan sayapnya dengan membuka divisi EO dibawah bendera yang sama. Dan masih
banyak lagi selebritis-selebritis yang lain yang memiliki bisnis ini seperti
niko siahaan, Rina Gunawan, Inggrid Widjanarko, dan banyak lagi.
Disamping
itu ada juga masyarakat/ orang biasa yang baru lulus kuliah yang mendirikan
bisnis ini dan memulai dari bawah sebut saja pemilik Kelapa Productions yang
menspesialisasikan diri pada event family
gathering dan bertahan sampai saat ini dengan beberapa klien tetap
perusahaan nasional. Tidak jarang pula beberapa profesioanal EO yang awalnya
bekerja diperusahaan EO kemudian dengan sedikit modal pribadi atau investor
luar memberanikan diri membuka jasa EO.
Tentu
saja peluang untuk bisnis ini cukup cerah melihat kegiatan orang-orang zaman
sekarang yang ingin serba instan dan tidak mau repot dengan urusan-urusan yang
rumit. Beberapa event besar masih menggunakan EO dari luar
daerah, tentu saja ini merupakan peluang yang harus kita bidik sebagai penghuni
daerah. Apapun bentuk bisnis yang kita lakukan
tentu harus didasari dengan keyakinan bahwa kita mampu membawa usaha kita ini
kepuncak kesuksesan, sehingga dengan keyakinan tersebut tidak lagi memikirkan
siapa pesaing kita, selama mau untuk ACTION
tentu saja ada kesempatan yang dapat kita buat agar kita sukses dalam bisnis
ini.
Bisa
dikatakan saat ini bisnis Event
Organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek baik,.
pemakai jasa ini adalah masyarakat menengah perkotaan yang dari
waktu ke waktu jumlahnya semakin banyak.
Kelompok
konsumen pemakai jasa tersebut biasanya mereka yang praktis dan tidak
memiliki banyak waktu sehingga membutuhkan kepraktisan dalam
mengorganisasikan kegiatan/event. Dewasa ini kelas menengah ke atas di
perkotaan menjadi target pasar dari usaha ini.
Prospek
bisnis EO (event Organizer) dalam beberapa tahun ke depan diperkirakan masih
akan booming. Para pemilik merek lebih memilih marketing event ketimbang
advertising untuk membangun brandnya di mata publik. Mereka mengunggulkan
marketing event yang mereka yakini dapat membangkitkan emosi target audience
dan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada brand, sehingga dapat
menciptakan brand loyalti. Tak heran, seiring dengan boomingnya tren perusahaan
bisnis event, industri penyedia jasa penyelenggara event tumbuh subur di
Indonesia. Dan Jenis-jenis acaranya banyak sekali..
Nah,
pada intinya apakah prospek bisnis EO kedepannya akan menguntungkan atau
berapakah keuntungan yang akan didapat kalau menggeluti dunia ini?. Bisnis EO
pada dasarnya merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dengan margin laba
berkisar 20-30% dari modal untuk sebuah acara/event. Biasanya 20-30 %
didapatkan dengan mengenakan biaya yang disebut Organizer fee, sebenarnya
standarnya 10% tapi dalam anggaran dana yang diajukan ada banyak kebutuhan
acara yang perlu dipersiapkan, dan ini dituntut untuk bermain cantik dan bersih
karena masalah-masalah dana sangat krusial dalam memakai jasa kita, dan
jalinlah relasi yang baik dengan semua supplier, carilah supplier yang murah
tapi memiliki kualitas yang bagus dan tidak mengecewakan.
Bisnis
EO dan pengelolaan event memang sifatnya
tidak pasti apalagi persaingan, apakah
masih berani? Jawabannya HARUS!!! Full
Explored inside the box and think outside the box, Pola pikir yang harus
menjadi spirit bagi yang ingin serius dengan bidang ini, pemenang dan yang akan
meraup keuntungan dalam bisnis ini adalah orang-orang yang kreatif dengan
jaringan yang luas.
KEPUSTAKAAN
Johanes Ariffin Wijaya, Yudhi Megananda.2009.EO 7 Langkah Membangun Bisnis EO.Jakarta:
PT.Bhuana
Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090108004629AADtO5z
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.