Minggu, 20 Mei 2012

KEMILAU BISNIS EO (EVENT ORGANIZER)


Bisnis EO (Event Organizer)
Bisnis EO memang merupakan bisnis yang rumit, dan memerlukan kreatifitas dan imajinatif yang tinggi karena slalu berhubungan dengan orang-orang yang berbeda, dan salalu berhubungan dengan pengelolaan event-event yang berbeda, bisnis ini memang terkesan rumit karena dituntut untuk mensukseskan acara mulai dari persiapan hingga penggarapan, Maka seorang Profesional EO dituntut untuk memiliki karakter-karakter dan harus mempunyai jiwa dan ruh yang melandasi pekerjaannya tersebut. Meskipun rumit tetapi ternyata puluhan dan bahkan ratusan perusahaan-perusahaan EO dan profesi EO sudah berdiri, apalagi dikota-kota besar, sering kali mengunakan jasa-jasa EO  untuk pengelolaan acaranya.

Bisnis EO Bisa bisa dijadikan sebuah bisnis yang tidak rumit bahkan menjadi sederhana apabila bisnis tersebut mensyaratkan atau memiliki team kerja yang solid dengan pembagian tugas yang jelas dan sangat detail. Jadi karena ini pulalah banyak orang yang mencoba untuk terjun dan bahkan EO yang sudah ada lebih memajukan Perusahaannya, karena prospeknya kedepan sangat menguntungkan, ketika team yang dimiliki solid. EO ini lahir dari keinginan para pihak-pihak yang memiliki dana karena mereka tidak mau repot-repot untuk mengatur acara itu. Di era Modern ini banyak sekali perusahaan-perusahan, instansi-instansi ataupun individu-individu yang ingin melaksanakan suatu event makanya untuk mengatur dan menggarap itu dibutuhkan jasa EO.
Era saat ini adalah era yang sangat berkembang makanya bisnis EO pun kedepannya akan berkembang dan memiliki kemilau yang cukup besar, dengan maraknya berbagai aktifitas promosi perusahaan, publikasi, perayaan-perayaan, dan penghargaan yang dilakukan oleh perusahan-perusahaan, instansi-instansi, kelompok maupun individu-individu. Dalam kemajuan perusahaan (contoh), perusahaan tidak mungkin masih menggunakan cara-cara promosi konvensional, karena hal ini dirasa tidak mumpuni lagi dalam memasarkan produk, maka peran EO sangat dibutuhkan untuk ini.
Kedepannya banyak sekali event-event yang akan menggunakan ajasa EO, event-event tersebut meliputi:
a.    Event Perusahaan: HUT Perusahaan dalam berbagai format acara, Employ/ family gathering, peresmian kantor baru, penghargaan kepada karyawan.
b.   Event Promosi: Pentas muysik oleh sponsor, Ekhsibisi/ pameran produk, Variety show oleh sponsor, presentasi produk, sampling dan selling, dealer dan/ costumer gathering
c.       Event pribadi: Pesta pernikahan, perayaan ulang tahun, syukuran.
d.      Event pendidikan: seminar, symposium, talk show, workhshop.
e.     Event olahraga: kompetisi olahraga professional, pertandingan olahraga semi pro, aneka lomba dan kompetisi.
f.       Event seni: pagelaran seni musik, pagelaran seni tari, pagelaran seni teater, fashion show.
g.      Event amal: berbagai pagelaran penggalangan dana, lelang untuk penggalangan dana
h.      Event publikasi : Konferensi pers, media gathering.
Bisnis EO merupakan bisnis yang glamor dan mewah karena selalu berhubungan dengan orang-orang atau pesohor yang glamor dalam acara sebagai rekan kerja mereka, dan dikatakan mewah karena penyelenggaraan acara sering kali ditempat-tempat mewah seperti ball room hotel berbintang, concert hall yang megah, dan lain-lain
Bisnis EO sangat popular dewasa ini bahkan selebritis pun yang memiliki penghasilan yang lebih dari cukup sangat tertarik untuk bisnis seperti ini, kita sebut saja salah satunya eko patrio, yang mempunyai PH (Production House) yang bernama Komando Productions yang bergerak pada pembuatan program tayangan televisi tetapi seiring waktu eko patrio melebarkan sayapnya dengan membuka  divisi EO dibawah bendera yang sama. Dan masih banyak lagi selebritis-selebritis yang lain yang memiliki bisnis ini seperti niko siahaan, Rina Gunawan, Inggrid Widjanarko, dan banyak lagi.
Disamping itu ada juga masyarakat/ orang biasa yang baru lulus kuliah yang mendirikan bisnis ini dan memulai dari bawah sebut saja pemilik Kelapa Productions yang menspesialisasikan diri pada event family gathering dan bertahan sampai saat ini dengan beberapa klien tetap perusahaan nasional. Tidak jarang pula beberapa profesioanal EO yang awalnya bekerja diperusahaan EO kemudian dengan sedikit modal pribadi atau investor luar memberanikan diri membuka jasa EO.
Tentu saja peluang untuk bisnis ini cukup cerah melihat kegiatan orang-orang zaman sekarang yang ingin serba instan dan tidak mau repot dengan urusan-urusan yang rumit. Beberapa event besar masih menggunakan EO dari luar daerah, tentu saja ini merupakan peluang yang harus kita bidik sebagai penghuni daerah. Apapun bentuk bisnis yang kita lakukan tentu harus didasari dengan keyakinan bahwa kita mampu membawa usaha kita ini kepuncak kesuksesan, sehingga dengan keyakinan tersebut tidak lagi memikirkan siapa pesaing kita, selama mau untuk ACTION tentu saja ada kesempatan yang dapat kita buat agar kita sukses dalam bisnis ini.
Bisa dikatakan saat ini bisnis Event Organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek baik,.  pemakai jasa ini adalah masyarakat menengah perkotaan  yang dari waktu ke waktu jumlahnya semakin banyak.
Kelompok konsumen pemakai jasa tersebut biasanya mereka yang praktis  dan tidak memiliki banyak waktu sehingga membutuhkan  kepraktisan dalam mengorganisasikan kegiatan/event.  Dewasa ini kelas menengah ke atas di perkotaan menjadi target pasar dari usaha  ini.
Prospek bisnis EO (event Organizer) dalam beberapa tahun ke depan diperkirakan masih akan booming. Para pemilik merek lebih memilih marketing event ketimbang advertising untuk membangun brandnya di mata publik. Mereka mengunggulkan marketing event yang mereka yakini dapat membangkitkan emosi target audience dan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada brand, sehingga dapat menciptakan brand loyalti. Tak heran, seiring dengan boomingnya tren perusahaan bisnis event, industri penyedia jasa penyelenggara event tumbuh subur di Indonesia. Dan Jenis-jenis acaranya banyak sekali..
Nah, pada intinya apakah prospek bisnis EO kedepannya akan menguntungkan atau berapakah keuntungan yang akan didapat kalau menggeluti dunia ini?. Bisnis EO pada dasarnya merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dengan margin laba berkisar 20-30% dari modal untuk sebuah acara/event. Biasanya 20-30 % didapatkan dengan mengenakan biaya yang disebut Organizer fee,  sebenarnya standarnya 10% tapi dalam anggaran dana yang diajukan ada banyak kebutuhan acara yang perlu dipersiapkan, dan ini dituntut untuk bermain cantik dan bersih karena masalah-masalah dana sangat krusial dalam memakai jasa kita, dan jalinlah relasi yang baik dengan semua  supplier, carilah supplier yang murah tapi memiliki kualitas yang bagus dan tidak mengecewakan.
Bisnis EO  dan pengelolaan event memang sifatnya tidak pasti  apalagi persaingan, apakah masih berani? Jawabannya HARUS!!! Full Explored inside the box and think outside the box, Pola pikir yang harus menjadi spirit bagi yang ingin serius dengan bidang ini, pemenang dan yang akan meraup keuntungan dalam bisnis ini adalah orang-orang yang kreatif dengan jaringan yang luas.

KEPUSTAKAAN
Johanes Ariffin Wijaya, Yudhi Megananda.2009.EO 7 Langkah Membangun Bisnis EO.Jakarta:   PT.Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090108004629AADtO5z

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus