Minggu, 20 Mei 2012

PENGERTIAN, OBJEK, MANFAAT DAN TUJUAN ILMU PSIKOLOGI (ILMU JIWA)


1.      PENGERTIAN PSIKOLOGI MENURUT BAHASA
Istilah psikologi merupakan alih kata dari bahasa inggris “psychology” dan kata ini berasal dari bahasa yunani yaitu “psycho” dan “logos”. Adapun “psycho” berarti jiwa dan “logos” berarti pengetahuan atau ilmu. Jadi secara etimologis (menurut arti kata) psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, proses maupun latar belakangnya, dan psikologi sering diartikan dengan ilmu jiwa.
Berbicara soal jiwa terlebih dahulu kita harus dapat membedakan antara jiwa dan nyawa. Jiwa adalah daya hidup rohaniah yang bersifat abstark, yang menjadi penggerak dan pengatur bagi seluruh
perbuatan-perbuatan pribadi dari hewan dan manusia. Perbuatan pribadi merupakan perbuatan hasil proses belajar yang dimungkinkan oleh keadaan jasmani, rohaniah, sosial, dan lingkungan. Sedangkan nyawa adalah daya jasmaniah yang keberadaannya tergantung pada hidup jasmani dan menimbulkan perbuatan badaniah, yaitu perbuatan yang dihasilkan oleh proses belajar. Misalnya : insting, nafsu, dan lainnya. Jadi jasmaniah mati maka mati pula nyawa.
            Berhubungan dengan cara kerja jiwa dapat diamati melalui tingkah laku yang nyata, maka para psikolog menyadari bahwa perilaku individu mencerminkan sikap-sikap dan minat-minat yang tumbuh atau dibangkitkan oleh jiwa. Pernyataan jiwa itu kita namakan gejala-gejala jiwa, diantaranya mengamati menanggapi, mengingat, memikirkan, dan sebagainya.
Bila dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu pasti, ilmu alam, dan lain-lain, maka ilmu jiwa dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang serba kurang tegas, sebab ilmu itu mengalami perubahan, pertumbuhan, berkembang untuk mencapai kesempurnaan. Namun demikian, ilmu ini sudah merupakan cabang dari ilmu pengetahuan
             Meskipum pengertian psikologi nampaknya sederhana, namun upaya dalam mempelajari jiwa itu tidak sesederhana yang kita bayangkan, ini disebabkan kerena orgasme manusia adalah kompleks. Setiap interaksi yang berlangsung , baik antara individu dengan lingkungannya maupun individu itu denagan individu lainnya, jenis dan intensitasnya sangat bervariasi.

2.      PENGERTIAN PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI
Secara umum psikologi diartikan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia atau ilmu yang mempelajari gejala-gejala jiwa manusia. Karena para ahli jiwa mempunyai penekanan yang berbeda, maka defenisi yang dikemukakan juga berbeda-beda.
Diantar pengertian yang dirumusakan oleh para ahli itu, diantaranya sebagai berikut :
1.      Menurut Dr. Singgih Dirgagunarsa
      Psikologi adalh ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia
2.      Plato dan Aristoteles
      Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
3.      John Broadus Waston
      Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon)
4.      Wilhelm Wundt,
      Tokoh psikologi eksperimental, berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti penggunaan pancaindra, pikiran, perasaan (feeling) dan kehendak
5.      Woodworth dan Marquis
      Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar
6.      Hilgert
      Psikologi adalh ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusia dan hewan lainnya
7.      Ruch
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia. Maksudnya yaitu psikologi merupakan bagian ilmu-ilmu biologi dan ilmu social, yang saling melengkapi dan saling berhubungan
8.      Knight dan Knight
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau sosial
9.      Clifford T. Morgan
Psikologi adalah ilmu yang memepelajari tingkah laku manusia dan hewan
10.  Edwin G. Boring and Herbert S. Langfeld
      Psikologi adalah studi tentang hakikat manusia
11.  Garden Murphy
   Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhlik hidup terhadap lingkungannya
Pengertian Pikologi diatas menunjukan beragam nya pendapat para ahli Psikologi. Perbedaan tersebut berasal dari adanya perbedaan titik tolak para ahli dalam mempelajari dan membahas kejiwaan yang sangat kompleks. Itulah sebabnya sangat sukar ditemukan suatu rumusan pengertian psikologi yang disepakati oleh semua pihak.


OBJEK, MANFAAT SERTA  TUJUAN ILMU PSIKOLOGI
1.      OBJEK ILMU PSIKOLOGI
Mengenai objek Psikologi dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
1.      Objek forma Psikologi
Objek forma Psikologi terdapat pada alam dan makhluk. Alam yang diciptaka oleh tuhan terbagi dalam dua golongan yaitu :
a.       Alam organik : Yakni alam yang meliputi benda-benda hidup yang mengalami proses pertumbuhan.
b.      Alam anorganik : Yakni alam yang meliputi benda-benda mati yang tidak mengalami proses pertumbuhan.
Sedangkan makhluk yang diciptakan oleh tuhan terbagi menjadi lima makhluk  yaitu :
1.      Makhluk manusia
2.      Makhluk tumbuh-tumbuhan
3.      Makhluk hewan
4.      Makhluk halus/jin atau setan
5.      Makhlu yang sebenarnya termasuk makhluk jin yakni malaikat

2.      Objek materia Psikologi
Bertolak dari defenisinya yaitu bahwa Psikologi adalah ilmu tingkah laku manusia, maka jelas yang menjadi objek materi dari Psikologi adalah tingkah laku manusia.

2.      MANFAAT SERTA TUJUAN ILMU PSIKOLOGI
Pada garis besarnya orang mempelajari ilmu jiwa (psikologi) adalah menjadikan manusia supaya hidupnya menjadi lebih baik, bahagia dan sempurna.Betulkah demikian ? memang karena ilmu psikologi ternyata telah memasuki bidang-bidang yang banyak sekali.Banyak persoalan-persoalan yang dapat dibantu dan diselesaikan oleh ilmu psikologi, misalnya persoalan-persoalan manusia yang hidup di pabrik,di sekolah, disawah, di kantor, dan dimanapun kita berada.
            Dari uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa tujuan dan manfaat mempelajari ilmu psikologi adalah sebagai berikut:
1.      Untuk memeperoleh faham tentang gejala-gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna adalah tentang tingkah laku manusia.
2.      Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk mengenal tingkah laku manusia.
3.      Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan lebih baik.
4.      Supaya tidak ragu-ragu lagi mengubah cara hidup, tingkah laku, dan pergaulan dalam masyarakat.
5.      Menjadikan kehidupan yang lebih baik, bahagia dan sempurna.

KEPUSTAKAAN
Fauzi, Ahmad.1997.Psikologi umum.Bandung:CV. Pustaka Setia
Sumanto, Wasty.1988.Pengantar Psikologi.Jakarta: PT. Bina Aksara
Ahmadi, Abu.1992.Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta



3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat banget buat menambah pengetahuan saya, apalagi jelas juga sumbernya.

    Makasih ya?

    BalasHapus
  2. terimahkasih :)

    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fyantox_ska.wordpress.com

    BalasHapus